Dengan ridho Allah dan rahmat Allah dari dunia sampai akhirat

Rabu, 20 Juli 2011

Hindari Berpikir Positif yang Berlebihan

Tuhan telah menganjurkan umat-Nya untuk tidak berlebihan di muka bumi ini, termasuk dalam berpikir positif apalagi negatif. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Pada awalnya berpikir positif itu baik dan memang diharapkan bisa dilakukan oleh seluruh orang didunia. Namun apabila berlebihan, pikiran positif itu justru bisa menjadi pikiran negatif. Beberapa contoh berikut mungkin bisa membantu Anda memahami hal ini.

* Sikap ingin dihargai oleh orang lain, sikap selalu menjaga image, serta selalu menjaga sopan santun dan tata krama adalah positif. Tapi jika dilakukan secara berlebihan bisa menjadi gila hormat, tidak mau menerima saran dan terkesan sombong.
* Sikap teliti, hati-hati, dan serius adalah hasil dari berpikir positif . Tapi jika dilakukan berlebihan akan menjadi sesuatu yang negatif yaitu perasaan ketakutan akan apa yang dihadapi atau dikerjakan. Akibatnya, justru apa yang kita takutkan akan terjadi.
* Sikap mencintai orang lain adalah hal yang positif tapi jika berlebihan rasa itu berubah menjadi cemburu posesif, overproteksi, memanjakan, dan mengultuskan. Tentu saja ini semua berdampak tidak baik.
* Sikap berani dalah sikap positif, tapi jika dilakukan secara berlebihan akan menjadi sikap yang nekad, ceroboh, sombong dan ingin dipuji.
* Sikap penuh percaya diri dan optimis adalah sikap positif, namun jika terlalu percaya diri dan optimis akan berubah menjadi sesuatu yang negatif yaitu sombong, merasa paling benar sendiri, arogan, otoriter,overacting, merendahkan orag lain dan understimate maupun overstimate. Dan ini semua berdampak buruk.
* Sikap dewmawan, ringan tanagn, dan empati dan peduli kepada kesulitan orang lain merupakan hal yang positif, namun jika dilakukan secara berlebihan justru akan dimanfaatkan oleh orang-orang tak bertanggung jawab.
* Sikap kerja keras untuk memperoleh kesuksesan adalah positif, namun jika dilakukan berlebihan akan berubah menjadi ambisius, takut gagal, dan mengagungkan kebahagian duniawi, dan melupakan ukhrawinya.
* Sikap ingin mendekatkan diri kepada Tuhan dan berjuang di jalan Tuhan adalah benar. Tapi jika belebihan akan menjadi fanatik, ekstrem, merasa dirinya paling benar, dan dogmatis.

Itulah beberapa contoh sikap positif belebihan yang tanpa disadari justru bisa berubah menjadi negatif. Harapan saya anda dapat berpikir bositif tetap pada koridor-koridor yang tetap. Anda mampu mengelolanya secara proposional, sehingga tidak menimbulkan hal-hal justru akan merusak pikiran positif Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar