Dengan ridho Allah dan rahmat Allah dari dunia sampai akhirat

Rabu, 20 Juli 2011

Cegah Perasaan Iri Hati Anda

Setiap orang pasti pernah merasakan iri hati, iri hati terhadap teman sekolah, teman kantor. Rasa iri hati biasanya muncul karena seseorang merasa di bawah orang yang diirikanya tersebut, misalnya teman anda berpakaian lebih menarik daripada anda, teman anda mempunyai handpone lebih canggih daripada anda. Semua itu muncul dibenak kita dan menimbulkan rasa iri kepada teman kita. Situasi ini berakibat pada terbelenggunya hidup anda dalam keirian hati anda tersebut dan tidak bisa mensyukuri anugrah Tuhan yang sudah diberikan kepada anda saat ini. Berikut ini adalah tips buat anda untuk mencegah rasa iri hati:

1. Bersyukurlah atas diri sendiri. Kita patut menghormati diri sendiri, juga bersyukur atas berkatNya. Kita harus percaya bahwa segala sesuatu yang kita miliki merupakan hasil kerja keras kita sendiri, dan hasilnya adalah yang terbaik pemberianNya.

2. Jangan membandingkan diri dengan orang lain. Dulu saya sedih, kecewa, dan iri hati pada teman-teman saya yang tinggi tegap. Ketika beramai-ramai mendaftar ke AKBRI, saya gugur karena tinggi badan saya kurang 0,5 cm. Saya mengeluh mengapa Dia tidak memberi saya 0,5 cm lag. Ternyata kegagalan saya itu membawa berkah, karena saya dapat bersekolah dokter dan kini menjadi professor, misalnya.

3. Setiap orang memiliki rezeki sendiri-sendiri. Kita harus yakin bahwa pemberian Tuhan merupakan hasil dari upaya dan jerih payah kita. Kita wajib berusaha, Dia yang menentukan.

4. Kita boleh kagum atas keberhasilan orang lain, lalu berkata dalam hati: Jika ia dapat, mengapa saya tidak? Ini bukan iri hati, tetapi mencontoh orang lain, hanya saja yang diutamakan bukan hasilnya, melainkan meniru apa yang dikerjakan orang lain. Konsep ini lazim disebut patok duga (benchmark), yang maknanya bukan bersaing, tetapi mencontoh, bukan setara, menjadi sama dalam hal kualitas.

Nah, mulai sekarang hilangkanlah segala rasa iri hati yang mungkin ada dibenak anda. Menghilangkan semua hal-hal yang negatif di diri anda dapat meningkatkan taraf hidup anda dalam memperoleh kebahagiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar